22
Feb
10

apa itu perut “buncit”???


Perut membuncit (bukan “buncit” karena penyakit) bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai tingkatan usia baik pria maupun wanita bahkan pada usia muda dan anak-anak, prosesnya biasanya terjadi secara perlahan-lahan dan terus menerus sehingga tahu-tahu terasa bahwa perut kita sudah membesar dan menonjol meskipun tidak habis makan atau minum.

Penyebabnya:

Apabila ketika berkaca di depan cermin terlihat pakaian kita seperti kemeja, celana, rok atau pakaian lainnya sudah menjadi terlalu ketat dan bahkan tidak pas lagi, ini berarti gejala perut membesar mulai datang.

Tentu akan timbul pertanyaan, apakah kira-kira penyebabnya ?

Hal ini bisa terjadi karena otot- otot perut menjadi lemah, atau karena banyak tertimbunnya lemak di bawah kulit ataupun bisa juga karena kombinasi dari keduanya.

Penyebab lainnya adalah karena banyak tertimbunnya lemak dibawah kulit perut anda, cara untuk mengetahuinya adalah apabila kita bisa menjepit kulit perut dengan jari dan dapat ditarik itu berarti lemak dan bukan otot, karena kalau otot tidak bisa ditarik bersama kulit.

Cara mengatasi:

Apabila penyebab perut yang menonjol tadi adalah lemak, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan menurunkan berat badan.

Untuk mengurangi berat badan selain dengan melakukan latihan-latihan olahraga tepat, teratur dan terukur, juga harus disertai dengan mengurangi masukan makanan dengan cara diet terhadap makanan tertentu seperti lemak dan karbohidrat serta perbanyaklah makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Olahraga yang efektif dilakukan untuk mengurangi timbunan lemak adalah olahraga yang bersifat aerobik seperti jalan, lari, senam aerobik, berenang, bersepeda dan olahraga aerobik lainnya yang dilakukan antara 4 – 5 kali perminggu dengan waktu latihan 30 – 45 menit.

Selain dengan diet pengurangan makanan dan olahraga untuk menambah dan membantu pengeluaran energi, lakukanlah aktifitas sehari-hari baik di rumah dan di kantor secara manual dan dilakukan sendiri misalnya menyapu ruangan dan halaman, berkebun, membersihkan dan mencuci kendaraan sendiri serta jenis aktifitas fisik lainnya.

Di bawah ini latihan yang harus anda lakukan untuk menghindari perut anda menjadi ” BUNCIT”.
Setelah itu, untuk menguatkan otot-otot disekitar perut, lakukanlah latihan-latihan penguatan sebagai berikut :

a)Angkat Kepala
Tidur terlentang, punggung rapat di atas matras atau lantai, sikap kepala lurus.Tekuk lutut membentuk sudut 90 derajat selebar bahu dan rilek.Masukkan jari tangan ke jari tangan yang lain, kemudian letakkan di bawah dagu dan menahannya.
Gerakan : Ambil napas, Angkat punggung dan kepala, tahan dan bernapaslah secara normal.Pastikan bahwa leher tidak kaku dan mengusahakannya untuk tetap lurus.Tahan gerakan ini selama 8-12 hitungan, untuk 2-3 set (2-3 kali sebanyak 8-12 hitungan) Dengan waktu istirahat antara tiap set 30 detik – 1 menit.

b)Tahan Kaki
Tidur terlentang, punggung rapat di atas matras atau lantai, sikap kepala lurus.Tekuk lutut membentuk sudut 90 derajat selebar bahu dan rilekLengan lurus disamping pinggang, telapak tangan menghadap ke bawah.Angkat kaki, antara tungkai atas dan bawah membentuk 90 derajat
Gerakan : Ambil napas kemudian turunkan tungkai bawah sampai kira-kira 5 cm dari lantai, selama menahan kaki bernafaslah secara normal.Lakukan gerakan ini selama 8-12 hitungan untuk 2-3 set

c)Kombinasi 1
Tidur terlentang, punggung rapat di atas matras atau lantai, sikap kepala lurus.Kaki dan pinggul diangkat, antara tungkai atas dan bawah membentuk sudur 45 derajat.
Gerakan : Ambil napask kemudian angkat punggung dan kepala lalu bernapaslah secara normal.
Pastikan bahwa leher tidak kaku dengan posisi tetap lurus.Lakukan gerakan ini selama 8-12 hitungan untuk 2-3 set.

d)Kombinasi 2
Tidur terlentang, punggung rapat di atas matras atau lantai, sikap kepala lurus.Tungkai rapat, sikut ditekuk ke atas, telapak tangan di samping telinga.
Gerakan : angkat tungkai kanan dan sikut kiri bersamaan secara silang, kemudian turunkan, setelah itu kebalikannya. Buang napas ketika mengangkat tungkai dan sikut serta ambil ketika lurus atau waktu jeda.Lakukan gerakan ini sebanyak 8-12 hitungan untuk 2-3 set.Gerakan ini cukup berat
apabila terasa sakit di pinggang jangan dilanjutkan.

e)Gerakan Punggung
Gerakan ini dilakukan sebagai gerakan penyeimbang setelah latihan kekuatan otot perut yakni dengan melakukan gerakan pinggang (kebalikannya) : Tidur telungkup, kedua tangan dibuka selebar bahu posisi push up, telapak tangan terbuka dengan jari renggang.Sikap kepala lurus, tungkai rapat (maaf contoh gambar menyamping).
Gerakan : ambil napas lalu angkat kedua lengan sampai lurus, sikap kepala lurus, kedua tungkai dan lutut menempel di lantai lalu bernapaslah secara normal.Lakukan gerakan ini sebanyak 8-12 hitungan untuk 2-3 set, tetapi apabila terasa sakit di pinggang jangan dipaksakan.

sumbernya!!!

cya,,


0 Responses to “apa itu perut “buncit”???”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


blog-indonesia.com

Kalender :

Februari 2010
S S R K J S M
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 7 pengikut lainnya

free counters

Teman yang Mampir :

  • 163,458 teman

translate this blog :

english version :

Jangan Asal Copy Paste ?!

JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, ok? :)

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

%d blogger menyukai ini: